Sap diet untuk pasien tb paru

Streptomisin Efek samping utama adalah kerusakan syaraf kedelapan yang berkaitan dengan keseimbangan dan pendengaran.

Pada anak-anak dapat mengenai otak lapisan pembungkus otak dan disebut sebagai meningitis radang selaput otakgejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang. Sayuran Dalam sayuran, Anda bisa mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi jika Anda menderita TBC.

Mendengarkan Leaflet 3. Vaksinasi BCG sebagai perlindungan bagi anak terhadap TB primer serta komplikasi-komplikasinya dengan syarat bahwa vaksinnya baik, penyimpanan dan handling-nya baik, teknik penyuntikannya baik dan anak yang bersangkutan mempunyai respons imun seluler yang baik pula.

Hal ini harus diberitahukan. Bagaimana dengan sumber lemak? Risiko efek samping tersebut akan meningkat seiring dengan peningkatan dosis yang digunakan dan umur pasien. Intracellutare C. Nyeri dada pada TB paru termasuk nyeri pleuritik yang ringan.

Tidak merokok pasif atau aktif d. Sumber protein nabati Sama seperti sumber protein hewani, sumber protein nabati juga diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gejala utama TB pada orang dewasa adalah batuk berdahak yang terus menerus selama 3 minggu atau lebih.

Pemenuhan nutrisi untuk pasien TBC bertujuan untuk menjaga berat badan dan juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh penderita.

Intinya adalah Anda menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, melakukan olahraga teratur, mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda.

Tuberkulosis Paru TB Sasaran: Ada tiga pintu masuk Mikroorganismre Mycobakterium Tuberkulosis yaitu saluran pernafasan, saluran cerna, dan luka terbuka pada kulit. Basil TB mempunyai dinding sel lipoid sehingga tahan asam, sifat ini dimanfaaatkan oleh Robert Koch untuk mewarnai secara khusus.

Pasien yang mengalami latent tuberculosis memiliki ciri-ciri: Dengan penduduk lebih dari juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia.

Pengobatan jangka panjang untuk TBC dengan banyak obat tentunya akan menimbulkan dampak efek samping bagi pasien. TBC atau dikenal juga dengan Tuberkulosis adalah infeksi yang disebabkan oleh basil tahan asam disingkat BTA, nama lengkapnya Mycobacterium tuberculosis.

Adanya komitmen politis berupa dukungan pengambil keputusan dalam penanggulangan TB. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Tanggal Pelaksanaan: Pernah mengeluarkan dahak bersama darah 3. Tuberculosis paru adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobakterium Tuberculosis dengan gejala yang sangat bervariasi, diantaranya adalah batuk lebih dari 4 minggu dengan atau tanpa sputum, malaise, gejala flu, demam derajad rendah, nyeri dada dan batuk darah.

Pencatatan dan pelaporan yang baku. Sel-sel yang berperan dalam melawan infeksi tentu membutuhkan sumber protein untuk memperkuat serangannya.

Paduan obat yang digunakan terdiri dari obat utama dan obat tambahan. Gejala yang tidak spesifik Dapat ditemukan rasa tidak enak bada malaisenafsu makan berkurang yang menyebabkan penurunan berat badan, sakit kepala dan badan pegal-pegal.

Penyebab TB paru c. Gejala ini ditemukan bila kerusakan parenkim paru sudah luas atau karena ada hal-hal yang menyertai seperti efusi pleura, pneumothorax, anemia dan lain-lain. Pencegahan TBC bisa juga berupa: Tetapi kecurigaan ini harus dimanisfestasikan secara rasional, dengan cara memastikan dengan sebenar-benarnya apakah anak mengidap TBC atau tidak.

Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh Anda kuat dalam melawan infeksi sebagai penyebab TBC. Pemeriksaan dahak pada akhir tahap awal juga menunjukkan hasil negatif.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Menjelaskan bagaimana etika batuk yang baik dan benar 1. Sukar diobati karena kemungkinan kuman menjadi kebal sehingga diperlukan obat yang lebih ampuh dan dapat menjadi penyakit TB MDR dimana merupakan TB yang sudah parah.

Kontrol lingkungan dengan membatasi penyebaran penyakit, disinfeksi dan cermat mengungkapkan investigasi epidemiologi, sehingga ditemukan bahwa kontaminasi lingkungan memegang peranan terhadap epidemi TBC. Meski begitu, bila anak mengalami gejala-gejala seperti tersebut diatas, sah-sah saja bila orangtua curiga.Memberi penyuluhan pada anggota keluarga pasien TB yang mempunyai gejala-gejala mencurigakan TB untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.

6. Tugas PMO bukanlah untuk mengganti kewajiban pasien mengambil obat dari unit pelayanan kesehatan. H. Pengobatan Pasien TB Paru Cara pengobatan TB Paru yaitu dengan obat anti TB (OAT) yang di dapatkan di pelayanan.

Tn. M. Irmansyah, Jenis Kelamin Laki-Laki, Umur 52 tahun, masuk rumah sakit pada tanggal 3 AprilTBBB 40 kg, di diagnose TB Paru, Anorexia. Riwat Penyakit Sekarang: Pasien dating kerumah sakit dengan keluhan batuk-batuk lebih dari 1 bulan, riwayat batuk darah.

· Setelah memberikan penyuluhan 20 menit diharapkan klien dapat memahami tentang TB Paru. · Sebagian besar penderita TB Paru BTA positif menjadi BTA negatif (konversi) pada akhir pengobatan intensif. 4) Pada tahap lanjutan penderita mendapat jenis obat lebih sedikit, namun dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya.

Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru. · Beri kesempatan kepada pasien untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat. 3. Beri pujian atas pertanyaan dan memberikan jawaban yang diberikan.

b. Menjelaskan proses terjadinya penyakit TB paru. 1. Diskusikan bersama pasien terkait proses terjadinya penyakit. 2. Beri pujian atas pendapat dan jawabaan yang diberikan. c. Menjelaskan cara penularan TB paru.

1. Diskusikan bersama pasien .

Sap diet untuk pasien tb paru
Rated 5/5 based on 51 review