Kasus diet pasien pankreatitis

Pertahankan posisi semi fowler Rasional: Rangsangan sensori dapat mengatifkan enzim pankreas sehingga dapat meningkatkan nyeri.

Biasanya disebabkan oleh penurunan asupan makanan akibat anoreksia atau perasaan takut bahwa makan akan memicu serangan berikutnya. Pasien menunjukkan pola defekasi normal dengan kriteria hasil: Insulin akan mengubah kelebihan glukosa darah menjadi glikogen untuk kemudian menyimpannya di dalam hati dan otot.

Tidak jarang pasien datang dengan kembung atau mengarah ke tanda-tanda ileus paralitik.

Penatalaksanaan Pasien dengan Pankreatitis Akut : Contoh Kasus

Timbulnya sepsis. Pemeriksaan fisik a. Nekrosis pada pancreas, abses pancreas. Serangan nyeri sering sangat hebat sehingga pemberian preparat narkotik, sekalipun dengan dosis tinggi, tidak mampu meredakan nyeri tersebut. Timbulnya sepsis.

Pemeriksaan laboratorium menunjukkan peningkatan kadar enzim amilase dan lipase darah. Biasanya disebabkan oleh penurunan asupan makanan akibat anoreksia atau perasaan takut bahwa makan akan memicu serangan berikutnya.

Membatasi sumber infeksi, dimana dapat menimbulkan sepsis pada pasien. Meningkatkan relaksasi dan memapukan pasien untuk memfokuskan perhatian, dapat meningkatkan koping.

Pemberian obat pereda nyeri yang adekuat merupakan tindakan yang esensial dalam perjalanan penyakit pankreatitis akut karena akan mengurangi rasa nyeri dan kegelisahan yang dapat menstimulasi sekresi pankreas.

Pankreatitis adalah reaksi peradangan pankreas inflamasi pankreas. Malabsorbsi mengakibatkan proses pencernaan bahan makanan khususnya protein dan lemak akan terganggu.

Aspirasi jarum penunjuk CT: Beberapa bentuk operasi dapat direkomendasikan untuk mengobati kasus yang lebih parah, contohnya: Berdasarkan pada beratnya proses peradangan dan luasnya nekrosis parenkim dapat dibedakan: Foto abdomen: Ultrasound abdomen: Tercukupinya kebutuhan nutrisi pasien 3.

Tindakan bedah juga dapat dilakukan sesudah penyakit berjalan beberapa waktu kebanyakan sesudah minggu perawatan intensif bilamana timbul penyulit seperti pembentukan pseudokista atau abses, pembentukan fistel, ileus karena obstruksi pada duodenum atau kolon, pada perdarahan hebat retroperitoneal atau intestinal.

Gambaran mikroskopis adalah adanya nekrosis lemak dan jaringan pankreas, kantong-kantong infiltrat yang meradang dan berdarah ditemukan tersebar pada jaringan yang rusak dan mati. Pengkajian dan pengendalian rasa nyeri sangat penting karena kegelisahan pasien meningkatkan metabolisme tubuh yang akan menstimulasi sekresi enzim-enzim pankreas dan lambung.

Aktivasi tripsin diketahui dapat mengakibatkan abnormalitas dalam koagulitas darah dan lisis bekuan. Nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan mual muntah c. Peningkatan serum amilase dan lipase lebih dari 3 kali batas normal 3. Defekasi menjadi lebih sering dan feces menjadi berbuih steatore akibat gangguan pencernaan lemak.

Batu empedu memasuki duktus koledokus dan terperangkap dalam saluran ini pada daerah ampula Vateri, menyumbat aliran getah pankreas atau menyebabkan aliran balik refluks getah empedu dari duktus koledokus ke dalam duktus pankreastikus dan dengan demikian akan mengaktifkan enzim-enzim yang kuat dalam pankreas.

Perburukan sirkulasi dan fungsi paru sesudah beberapa hari terapi intensif. Penyebab nomor 2 acute pancreatitis adalah konsumsi alkohol. Di samping itu akan terjadi pula atrofi epitel duktus tersebut, inflamasi dan destruksi sel-sel pankreas yang melaksanakan fungsi sekresi.

Pemenuhan Gizi Seimbang untuk penderita penyakit pankreas akut Sasaran: Tanda utama adalah adanya nekrosis lemak pada jaringan-jaringan di tepi pankreas, nekrosis parenkim dan pembuluh-pembuluh darah sehingga mengakibatkan perdarahan dan dapat mengisi ruangan retroperitoneal.

Edukasi Gizi: Bendungan dari infeksi saluran empedu.Hasil Diagnosa dokter adalah Pankreatitis akut. Pada saat hari pertama MRS pasien sempat dipuasakan dan diinfus setelah itu diberikan Diet Cair Jernih.

Saat ini pasien sedang menjalani rawat inap di ruang interna laki-laki. Dari hasil recall diketahui rata-rata asupan Tn. M sebagai berikut. Kasus: Ny. N (35 th) seorang ibu rumah tangga sudah menikah dan belum mempunyai anak, BB 78 kg, TB cm.

Diharuskan dirawat dirumah sakit, dengan keluhan waktu datang periksa perut sakit, mual, muntah dan sangat festival-decazeville.com: Nitnot.

Penatalaksanaan pankreatitis kronis bergantung pada kelaian yang mungkin menjadi penyebab pada setiap pasien. Terapi ditujukan untuk mencegah serta menangani serangan akut, mengurangi rasa nyeri serta gangguan rasa nyaman dan menangani insufisiensi eksokrin serta endokrin yang terdapat pada pankreatitis.

Initial pemberian diet dimulai dengan diet solid rendah lemak dan clear liquid. 2. Pada kasus severe akut pankreatitis, pemberian nutrisi enteral direkomendasikan untuk mencegah komplikasi infeksi.

2. Pasien dengan penyakit pankreatitis yang parah dapat mengalami asites, ikterik dan teraba massa abdomen (Huddak & Gallo, ). c.

Sistem cardiovaskular Efek sistemik lainnya dari pelepasan kedalam sirkulasi adalah vasodilatasi perifer yang pada Author: Skripsi. Sebagai penyebab utama pankreatitis kronis, alkohol juga sebaiknya dihindari saat menjalani diet yang peka-pankreatitis.

Tergantung pada sejauh mana kerusakan, pasien mungkin juga harus menerima bentuk sintetik dari beberapa enzim untuk membantu pencernaan.

Kasus diet pasien pankreatitis
Rated 3/5 based on 2 review